Home Siaran Pers Ratusan Dai Aceh Hadiri Jambore Nasional Parmusi

Ratusan Dai Aceh Hadiri Jambore Nasional Parmusi

Berlangsung 25-30 September di Cibodas

194
0
SHARE
Ratusan Dai Aceh Hadiri  Jambore Nasional Parmusi

Cianjur, pjminews.com – Ratusan Dai dan Daiyat PARMUSI Persaudaraan Muslimin Indonesia) dari Aceh, Ahad (24/9/2023), telah datang ke lokasi Jambore Nasional Dai Desa Madani PARMUSI 2023 di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Cibodas, Cianjur, Jawa Barat.

Para peserta dari Aceh tersebut bergabung dengan ratusan Dai dan Daiyat PARMUSI dari wilayah Jabodetabek yang telah hadir lebih dahulu.

Ketua Bidang I Jambore Nasional Dai Desa Madani PARMUSI 2023, H. Aidil Adha mengatakan, kegiatan akbar yang digelar pada 25-30 September tersebut akan dihadiri sekitar 5.000 Dai dan Daiyat PARMUSI.

“Saat ini sebagian besar peserta Jambore sedang dalam perjalanan menuju ke sini. Mereka berangkat dari seluruh provinsi di Indonesia dengan menggunakan pesawat terbang, kapal, kereta api, dan bus-bus,” ungkap H. Aidil.

Ia mencontohkan, para peserta dari Maluku, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara berangkat dengan penuh perjuangan. Mereka naik kapal laut berhari-hari, lalu melanjutkannya dengan moda trasnportasi lain.

“Alhamdulillah, pagi ini jam 09.00 Dai dan Daiyat Desa Madani Parmusi Sumbar dilepas Kapolda Sumbar menuju arena Jambore Nasional di Gunung Gede Pangrango. Semoga selamat, sehat, sukses, barakah dalam ridha Allah SWT,” ujar H. Aidil.

Ia mengaku terharu menyaksikan kegigihan semangat dan antusiasme para peserta Jambore Nasional dari berbagai daerah. Apalagi mereka datang berbondong-bondong dengan perbekalan seadanya dan terbatas.

“Ini harus menjadi pelecut semangat bagi panitia untuk menyiapkan acara semaksimal mungkin, agar peserta Jambore mendapatkan sambutan dan jamuan terbaik sehingga menjadi pengalaman yang sangat berharga selama sepekan mengikuti kegiatan ini,” tandasnya.

Untuk menunjang kelancaran kegiatan Jambore ini, imbuh H. Adil, panitia sudah mempersiapkan sarana dan prasarana sejak satu bulan lalu. Mulai dengan membangun sarana dapur umum, MCK, posko kesehatan, posko keamanan, membangun lebih dari 700 tenda peserta, hingga fasilitas penunjang lainnya.

Selain itu, panitia juga menyiapkan stand bazaar untuk membantu memasarkan produk-produk UMKM binaan Parmusi Business Center (PBC).

“Saat ini sekitar 700 tenda lebih sudah kita bangun, sehingga peserta yang sudah datang bisa langsung beristirahat. Kita siapkan juga lebih dari 100 kamar mandi. Juga dapur umum di setiap zona sehingga peserta tidak perlu mengantre saat jam makan,” jelasnya.

Selama enam hari mengikuti Jambore, imbuhnya, para peserta akan mengikuti serangkaian kegiatan, seperti lomba, workshop, dan seminar.

“Banyak kegiatan menarik. Selain lomba-lomba ada juga workshop dan pelatihan penunjang dakwah seperti workshop pengobatan thibun nabawi, pelatihan ekonomi kreatif hingga seminar yang diisi oleh narasumber berskala nasional,” tutupnya.*** (pncJay/rilis)