Home Ekonomi Kreatif ISEF-HEI 2023 Digelar 25-29 Oktober

ISEF-HEI 2023 Digelar 25-29 Oktober

Di Jakarta Convention Center

199
0
SHARE
ISEF-HEI  2023 Digelar 25-29 Oktober

Keterangan Gambar : Konferensi Pers ISEF-HEI 2023 di Hotel St. Regis Jakarta (foto Aly)

JAKARTA, pjminews.com - Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) kembali akan digelar pada 25-29 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta. Gelaran ISEF ke-10 yang berkolaborasi dengan Halal Expo Indonesia (HEI) 2023 ini mengusung tema Accelerating Sharia Economy an Finance Through Digitalization for Inclusive and Sustainable Grrowth.

"Perhelatan kali ini akan menjadi pameran business to business sekaligus business to consumer terbesar di Indonesia," kata Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Wahyu Purnama di Jakarta, Selasa (26/9/2023).
Wahyu mengatakan, berdasarkan Global Islamic Economy Indicator 2022, Indonesia menempati peringkat keempat ekonomi syariah terbesar setelah Malaysia, Arab Saudi, dan Uni Emirat Amarat (UEA).
Indonesia juga menempati urutan kedua di bidang makanan halal (halal food), peringkat ketiga untuk fesyen muslim, peringkat keenam untuk keuangan syatiah, dan peringkat kesembilan untuk farmasi dan kosmetik halal.
Merujuk catatan Islamic Finance Development Indicator (IFDI), Wahyu mengatakan, posisi Indonesia dalam 5 tahun mengalami kenaikan peringkat dari posisi 10 pada 2018, menjadi ketiga di tahun 2023.
"Bahkan Indonesia berhasil meraih posisi pertama pada Global Muslim Travel Index pada 2023," ujar Wahyu.
Wahyu menjelaskan, dilihat dari total aset keuangan syariah, rata-rata tumbuh sebesar 11,3% selama 6 tahun terakhir. Market share keuangan syariah meningkat dari 8,5% menjadi 11%.
Selain itu, sudah terbentuk tiga Kawasan Industri Halal (KIH) di Banten, Jawa Timur, dan Kepualauan Riau.
"Total ekspor produk halal pada tahun 2022 tercatat USD15,87 miliar," kata Wahyu.
CFO PT Halal Expo Indonesia Aryo Wibisono mengatakan, melalui event HEI dan ISEF 2023, para pelaku usaha akan difasilitasi untuk bisa mengeskpor produknya ke sejumlah negara, terutama negara-negara Timur Tengah.
"Bagi pelaku usaha yang ingin bermitra dengan produsen dari luar, juga terbuka kesempatan sebab di ajang ini akan menghadirkan paviliun dari negara sahabat," ujar Aryo.
Menurut Aryo HEI telah menjadi mitra dengan beberapa International Halal Expo dan Halal Authority seperti Saudi International Halal Expo, Halal Expo Nigeria, Halal Expo London, Malaysia International Halal Showcase (MIHAS), Korea Halal Authority, Halal Control Germany, Vietnam Halal Center, Japan Halal Certification Promotion Organization, dan Cape Malay Consultant.
ISEF dan HEI 2023 akan menampilkan Indonesia International Modest Fashion Fwstival (IN2MF) dengan melibatkan desainar internasional. Selain itu sedikitnya ada sembilan event internasional yang digelar IFSB, IsDB, IIFN, dan IILM untuk memperkuat positioning Indonesia sebagai internasional halal hub bagi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.
Ada juga ISEF Fun Walk, Tablig Akbar, talkshow, dan event lainnya. "Hingga hari ini persiapan kami dan juga calon peserta festival dan expo yang sudah menyatakan kesediaan ikut sekitar 70 hingga 80 persen, tinggal finalisasi," kata Wahyu.*** (lutan/pjminews/aly*)